Senin, 30 November 2015

Kuasa gelap menurut alkitab

Lewiatan (bahasa Ibraniלִוְיָתָן (Livyatan/Liwyāṯān) - melingkar/melilit; bahasa InggrisLeviathan) adalahmonster yang disebut dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, khususnya (Mazmur 74:13-14;Mazmur 104:26Ayub 3:8Ayub 41Yesaya 27:1).
Banyak juga yang mengatakan bahwa perkataan Lewiatan berasal dari akar kata lawa, yang berarti "membengkokkan", "memutar". Arti harafiahnya adalah 'membengkokan diri'. Sebagian ahli mengatakan mumgkin ini adalah bahasa pinjaman dari Babel. dalam Mazmur 74:14 Lewiatan dipakai sebagai petunjuk terhadap Firaun dan Keluaran sejajar dengan kata Ibrani tannin, 'raksasa sungai atau raksasa laut'
Kata lewiatan menjadi sinonim dengan mahluk ataumonster laut. Pada buku novel Moby-Dick, lewiatan merujuk pada ikan paus raksasa, dan padabahasa Ibrani modern, lewiatan berarti "ikan paus".Dan juga dalam beberapa mitologi lewiatan dikenal sebagai dewa lautan dalam mitologi Jepang atau Kanaan. Menurut beberapa sumber lewiatan adalah ular raksasa jahat berkepala tujuh.
Menurut Alkitab, lewiatan adalah makhluk raksasa yang hidup di lautan. Ia mempunyai kulit sangat keras yang mampu menghancurkan semua senjata. Selain itu ia juga memiliki mata yang bercahaya yang digunakan untuk melihat di lautan yang dalam dan gelap.
Di game-game seri Final Fantasy, "Leviathan" adalah Dewa penguasa lautan yang sangat ditakuti.
The other source
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Leviathan
...

Dlu ada kaka grj aku di tiberias, sms aku namanya ko daniel.. dia bilang aku dicengkram leviatan.. dulu aku dibebaskan dari tiberias... kejadiannya ktk aku msh di kerjaan pertama.. aku jujur gtw leviatan or lewiatan itu apa.. hahaha.. tnyata ini toh..
Hihihi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar